Mengembangkan Cinta Kasih Menuju Global Harmony

Posted by on Sep 9, 2016 in Berita, Event, Media, Pendidikan | 0 comments

Mengembangkan Cinta Kasih Menuju Global Harmony.
Menjadi Bahagia dan Berbagi Kebahagiaan dengan Orang Lain in the Service of Mother Earth. Sejak dicanangkan 1 September sebagai hari Bhakti Ibu Pertiwi tahun 2005 oleh Menteri Pertahanan RI saat itu, Prof. Juwono Sudarsono, Ph.D. , di berbagai daerah setiap tahun dilakukan perayaannya. Dalam rangka perayaan Hari Bhakti Ibu Pertiwi (in The Service of Mother Earth), 1 September 2016 Yayasan Anand Ashram (berafiliasi dengan PBB) Chapter Joglosemar (www.akcjoglosemar.org) menyelenggarakan kegiatan bertajuk “Mengembangkan Cinta Kasih Menuju Global Harmony” In the Service of Mother Earth di Desa Jelok, Patuk, Gunung Kidul. Ketua panitia Tunggul Setiawan mengungkapkan kegiatan ini digagas sebagai wujud rasa terima kasih kepada Mother Earth, Ibu Pertiwi atas segala berkahnya.

Pengembangan cinta kasih dilakukan dalam bentuk melayani dan berbagi sejumlah latihan dan penyuluhan untuk mengembangkan kesehatan holistik dan latihan pemberdayaan diri dan pendidikan yang membangun karakter. Sementara itu dr. Hardyanto selaku koordinator Anand Ashram chapter Joglosemar mengungkapkan Badan kesehatan dunia (WHO) mendefinisikan kesehatan bukan hanya ketiadaan penyakit dan kekurangan tetapi mencakup sejahtera badan, jiwa, dan sosial.

penyuluhan kesehatan holistik

Penyuluhan Kesehatan Holistik

Pemberdayaan Diri untuk Kesehatan Holistik

Latihan Pemberdayaan Diri untuk Kesehatan Holistik

Ini sejalan dengan konsep pendidikan holistik yang diperkenalkan oleh Bapak Anand Krishna sejak tahun 1991. Menurut Bapak Anand Krishna Tubuh kita terdiri dari lima lapisan badan yaitu fisik, energi, mental/emosional, inteligensia dan jiwa. Kelima lapisan ini perlu di perhatikan kebutuhannya. Lapisan fisik tidak hanya memerlukan asupan gizi yang seimbang tetapi juga memerlukan latihan rileksasi. Demikian juga dengan lapisan-lapisan badan yang lain seperti lapisan energi yang memerlukan latihan pernafasan perut untuk meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh dan juga mengelola stres. Ini menandakan kita tidak hanya perlu memperhatikan nutrisi untuk kebutuhan fisik saja tapi juga nutrisi untuk kebutuhan semua lapisan badan ini seperti bacaan yang kita baca, hal-hal yang kita tonton dan lain sebagainya.

Pemeriksaan Fisik

Pemeriksaan Fisik

Neo Zen Reiki untuk kesehatan mental/emosional

Neo Zen Reiki untuk kesehatan mental/emosional

Edukasi Nutrisi untuk Kesehatan Holistik (Roleplay, anak yang lebih muda menyuguhkan makanan sehat ke yang lebih tua)

Edukasi Nutrisi untuk Kesehatan Holistik (Roleplay, anak yang lebih muda menyuguhkan makanan sehat ke yang lebih tua)

Bapak Anand Krishna juga mengembangkan teknik-teknik seni pemberdayaan diri untuk kelima lapisan badan ini yang telah diterbitkan dalam sejumlah buku sejak tahun 1997 oleh Gramedia Pustaka Utama. Sampai sekarang telah lebih dari dua juta orang mempraktikkannya dan merasakan manfaatnya. Lebih jauh Tunggul selaku ketua panitia menjelaskan ,tergerak oleh manfaat kesehatan dan kebahagiaan yang dirasakan atas latihan pemberdayaan diri dan konsep kesehatan holistik yang di kembangkan oleh Bapak Anand Krishna maka program “Mengembangkan Cinta Kasih Menuju Global Harmony” dalam rangka Hari Bhakti Ibu Pertiwi (in the Service of Mother Earth) di Desa Jelok, Patuk, Gunung Kidul, Yayasan Anand Ashram Chapter Joglosemar berbagi dan memberikan pelayanan: Pemeriksaan Kesehatan Fisik, Penyuluhan Kesehatan Holistik, Latihan Pemberdayaan Diri, Neo Zen Reiki dan Edukasi Nutrisi Holistik bagi Anak. Tim pun kemudian mengambil moto Be Joyful and Share Your Joy with Others dalam pelayanannya. Menegaskan bahwa kita perlu mengembangkan InnerPeace lewat pengembangan kedamaian dalam diri terlebih dahulu baru kemudian communalLove, cinta kasih dalam kebersamaan, sehingga tercipta globalHarmony yang kita idam-idamkan bersama.

Tim

Pin It on Pinterest

Share This