Perayaan Hari Ibu 2019 dengan Yoga Dvipantara


Lebih dari 500 orang anak, remaja, ibu, masyarakat umum dan lanjut usia berkumpul di Perpustakaan Grhatama Pustaka pada 22 Desember 2019 untuk merayakan hari Ibu dengan cara yang unik. Diawali dengan penampilan anak-anak yang menyanyikan lagu tentang bagaimana kita bisa mengendalikan diri kita untuk mencapai kabahagiaan, dilanjutkan dengan melakukan Yoga Dvipantara yang dikembangkan oleh Bapak Anand Krishna. Masyarakat lintas generasi berkumpul menyambut hari Ibu bersama Ibu CERDIK untuk anak CERDIK di masa muda. Sehat tanpa penyakit tidak menular di hari tua. CERDIK adalah program nasional, singkatan dari C=Cek kesehatan secara rutin, E=Enyahkan asap rokok, R=Rajin aktivitas fisik, D=Diet Seimbang, I=Istirahat cukup dan K=Kelola Stres.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh One Earth Integral Education Foundation (sayap Yayasan Anand Ashram) bersama Danone, Sarihusada, Aqua, Nutricia bekerja sama dengan, Anand Ashram Foundation dan Perpustakaan Grhatama Pustaka merupakan sebuah upaya memperluas komunitas sehat dengan memanfaatkan mekanisme kemitraan dengan pihak swasta. Mekanisme kemitraan ini dikembangkan untuk membantu pemerintah dalam upaya mengendalikan laju pertumbuhan penduduk berpenyakit tidak menular dalam bentuk kampanye sosialisasi massa.
 
Penyakit Tidak Menular (PTM) menjadi penyebab utama kematian secara global. Di Indonesia empat PTM masuk lima besar peringkat teratas penyebab kematian di tahun 1990 dan 2017. Tiga dari penyakit PTM tersebut adalah jantung, stroke, diabetes. Penyakit PTM lain yang terkenal dengan julukan si pembunuh diam-diam atau senyap adalah hipertensi, karena gejalanya sering tanpa keluhan. Oleh sebab itu untuk menjadi sehat maka perlu sekali kita untuk menjaga gaya hidup sehat. Bukan cuma sehat secara fisik, namun juga sehat secara holistik.